Ivan Rakitic

Ivan Rakitic bergabung dengan FC Barcelona di musim panas 2014. Gelandang tengah kelahiran Rheinfelden, Swiss, 10 Maret 1988 ini memiliki dua kebangsaan, karena orangtuanya berasal dari Kroasia, sehingga mengijinkannya bergabung dengan timnas Kroasia.
Rakitic menghabiskan masa kecilnya di Swiss dimana ia memulai karir sepak bolanya, seperti juga yang dilakukan oleh ayah dan saudara laki-lakinya. Ia dibentuk di Basilea, dimana ia membuat debutnya pada tanggal 29 September 2005 dengan 17 tahun pada satu pertandinngan Piala UEFA melawan NK Široki Brijeg.
Pada musim yang sama, ia juga memulai debutnya di superliga Swiss dalam laga melawan Neuchâtel Xamax FC. Tapi ia harus menunggu hingga musim berikutnya sehingga ia dapat bermain dengan lebih regular dan memperlihatkan kebolehannya.
Ia berhasil memenangkan Piala Swiss bersama Basilea dan menciptakan 11 gol, sehingga ia terpilih sebagai penghargaan Pemain Terbaik Muda dari Superliga Swiss. Kerja kerasnya di Swiss tidaklah terlewatkan dari mata pengamat sepak bola dan salah satu tim bersejarah di Jerman, Schalke 04, menariknya pada musim panas 2007. Ia membuat debut nya di Bundesliga dengan satu gol saat melawan VF Stuttgart.
Di Stadion Gelsenkirchen ia menghabiskan tiga setengah musim dan telah membuat 17 gol dalam 135 pertandingan dan berhasil mendapatkan menjadi juara kedua di musim 2009/10. Walaupun ia telah bermain untuk kategori remaja bersama timnas Swiss, ia kemudian memilih karir internasionalnya bersama timnas Kroasia.
Sejak debutnya ketika ia berumur 19 tahun pada 8 September 2007, ia telah menjadi pemain tetap bersama Kroasia dan turut berpartisipasi pada Piala Eropa 2008 dan dan 2010 juga Piala Dunia Brasil 2014.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Berikanlah komentar yang membangun